Rabu, 04 November 2009

EXPLOSIF POWER




Editing   : Imam Wahyudin


Latihan ledakan sering digunakan oleh atlet elit untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk menghasilkan tenaga dan kekuatan. Ini penting dalam olahraga yang memerlukan ledakan cepat upaya maksimal, seperti berlari dan melompat. Jenis latihan yang digunakan untuk membangun kekuatan ini adalah gerakan yang memerlukan maksimum atau dekat output daya maksimum dari atlet dalam waktu singkat. 

Latihan eksplosif rutinitas pelatihan adalah salah satu cara untuk meningkatkan output daya. Tujuan dari latihan eksplosif pelatihan adalah beban berat pada akhirnya bergerak sangat cepat. Tapi untuk sampai ke titik itu dengan aman, tanpa risiko cedera, penting untuk mulai dengan bobot ringan dan lambat gerakan dikendalikan. Selama pelatihan soal (beberapa minggu), tetapi berat mengangkat dan kecepatan di mana mengangkat itu akan ditingkatkan. 

Explosive latihan di tingkat akhir mereka sering disebut sebagai plyometric atau gerakan balistik. 

Explosive Latihan Pelatihan 
Penelitian mendukung gagasan bahwa ledakan (kecepatan dan kekuatan) latihan membangun kekuatan atletik, tetapi pekerjaan yang lebih baik dari yang jika dikombinasikan dengan jenis pelatihan. Kedua cross-sectional dan longitudinal data yang menyarankan bahwa untuk memaksimalkan kekuatan, kekuasaan dan kecepatan gerakan, kombinasi berat dan ringan latihan eksplosif memberikan hasil yang lebih unggul dibandingkan dengan gaya pelatihan sendirian. 

Bukti lebih lanjut menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan output daya atau kecepatan gerakan, fase pertama pelatihan harus berfokus pada peningkatan kekuatan maksimum dan membangun dasar yang kuat dan tahap kedua ditujukan untuk kekuatan dan kecepatan pelatihan. 

Sebuah program sampel 12 minggu program pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan, mungkin memiliki lima minggu pertama terutama terdiri dari latihan beban berat. Enam minggu berikutnya akan terdiri dari kombinasi berat dan kekuatan tinggi latihan eksplosif pelatihan, dan minggu terakhir akan ditujukan untuk gerakan daya tinggi. 

Explosive Latihan 
Standar peledak latihan menggunakan otot besar gerakan-gerakan seperti squats, daya membersihkan, tertimbang atau vertikal unweighted melompat, melempar bola berat atau bahkan bukit berlari. Latihan otot yang lebih kecil seperti bangku menekan atau push up juga dapat digunakan untuk membangun kekuasaan, tapi akan membatasi hasil keseluruhan kepada mereka kelompok otot. 

Latihan harus digunakan untuk mencocokkan tujuan kebugaran dan olahraga, jadi ingatlah prinsip Kespesifikan Pelatihan. Pilihan latihan Anda harus merangsang pola pergerakan olahraga Anda. 

Jika Anda meningkatkan pelatihan perlahan-lahan dari waktu ke waktu dan dengarkan tubuh Anda untuk peringatan tanda-tanda cedera, kemungkinan bahwa pelatihan ini akan menyebabkan cedera. Bahkan, beberapa bukti menunjukkan bahwa risiko cedera di banyak kecepatan tinggi atau kekuasaan olahraga bisa dikurangi dengan melakukan latihan eksplosif pelatihan secara teratur. 

Bottom Line on Explosive Latihan Pelatihan 
Peledak (kekuatan plus kecepatan) latihan fisik dapat meningkatkan kinerja selama banyak olahraga berjalan cepat, dan dapat mengurangi risiko dan atlet cedera selama aktivitas yang melibatkan kekuatan tinggi percepatan output dengan cepat, seperti kebanyakan raket dan lapangan olahraga. 

Sumber 

Current Komentar, The American College of Sports Medicine, Explosive Latihan, Juli 1999, www.acsm.org.